Mengenal Produk Google Docs untuk Membuat Dokumen layaknya pada Microsoft Office Word

Google Docs

Halo sahabat blogger kali ini saya akan share kegunaan dari Google Docs. Ohya ada yang belum tahu Google Docs? Sudah pernah mencoba?

Google Docs merupakan salah satu produk dari Google yang digunakan untuk membuat dokumen seperti naskah, surat, proposal atau apapun yang berbasis text layaknya anda membuat seperti di microsoft office word. Nah jadi ketika anda tidak memiliki microsoft office ya tak perlu repot dong, buat aja di Google Docs ini.

Google Docs terintegrasi dengan internet, jadi pastikan anda memiliki jaringan internet ya. Hal yang menarik dari google docs adalah lebih ringan dan fresh serta data anda akan aman, terhindar dari virus ataupun dicuri (diambil) orang lain.

Dengan google docs anda juga bisa bersharing file dengan sesama pengguna lain dengan cepat dan praktis. Yuk kita kenali dulu dengan Google docs sapa tahu kedepan berguna untuk anda

1. Buka link Google Docs 
2. Anda akan dihadapkan pada halaman utama (welcome) dari google docs
Halaman utama google docs

2. Selanjutnya klik Buka Google Dokumen. Pastikan anda memiliki login akun Google ya (gmail), masih belum punya gmail? buat segera dong ye klik Disini. Selanjutnya jika ingin membuat dokumen baru anda bisa klik BLANK atau juga dengan memilih Template Gallery yang sudah disediakan oleh Google Docs sendiri (lingkaran)
Dokumen google docs

3. Jika anda klik Blank maka akan dibuatkan halaman baru seperti gambar dibawah ini. Berikut penjelasan dari gambar tersebut (nomor).

  1. Untuk pertama kali nama file akan selalu Untitle ganti dengan nama file anda atau tugas anda untuk identitas file nanti
  2. Pada nomor 2 saya tidak akan menjelaskan detail, namun tool tersebut ada persis dengan microsoft office word anda seperti biasa. Silahkan anda klik-klik menu tool tersebut, saya jamin deh anda lebih suka dan gak bingung. Ohya salah satu fitur google docs yang enak adalah Auto Save, jadi jangan takut listrik padam ya!
  3. Untuk mengetik silahkan arahkan kursor pada lembar kerja kosong seperti nomor 3 dan untuk mengganti jenis font, ukuran tinggal lihat pada tool (nomor 2)

Lembar kerja google docs

Nah... bagiamana teman-teman mudah bukan, anda memang harus mencoba agar terbiasa dengan google docs ini. Mau share bisa, mau diprint tinggal klik icon print dan masih banyak yang bisa anda coba. Dengan tampilan yang elegan dan simple siapun pasti bisa menggunakan google docs ini. Jika ada yang mau ditanyakan seputar google docs tinggalkan komentar dibawah ya. Semoga bermanfaat teman-teman :)