Apa itu Xampp dan Kegunaannya


Bagi anda yang ingin memperdalam pembuatan web atau aplikasi berbasis web secara mendalam, maka sangat perlu anda mengetahui apa itu Xampp. Xampp adalah perangkat yang menggabungkan tiga aplikasi kedalam satu paket, yaitu Apache, MySQL dan PHPMyAdmin. Dengan Xampp pekerjaan anda sangat dimudahkan untuk membuat web/aplikasi web di local komputer tanpa harus sewa Hosting. 

Dengan kata lain xampp akan mengubah komputer pribadi menjadi local server yang nantinya digunakan untuk pembuatan website baik itu CMS Wordpress ataupun CMS Joomla. Ketika web anda sudah jadi sempurna barulah anda migrasikan/pindah ke server onlinenya(hosting).

Untuk mendownloadnya silahkan ke situs resminya ya, dijamin GRATIS kok, berikut linknya Xampp

Berikut langkah Install xampp

1. Double klik file xampp yang sudah anda download tadi, selanjutnya akan ada kotak box seperti dibawah ini. Pilih Bahasa kemudian klik OK
2. Terkadang pada proses ini muncul notifikasi pesan seperti gambar dibawah, jika muncul klik saja OK atau Yes.
3. Selanjutnya akan dialog box installation, klik Next
4. Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang akan diinstall. Centang semua dan klik Next
5. Kemudian akan diminta lokasi penyimpanan xampp tersebut. Saran biarkan secara default, Xampp akan diinstall di drive C. Jika sudah berada didrive C selanjutnya klik Next.
6. Tunggu beberapa menit hingga proses install selesai. Jika sudah akan muncul seperti dibawah ini. Finish

Cara menjalankan Xampp
1. Buka aplikasi Xampp 
2. Seteleh terbuka, silahkan klik tombil Start pada kolom action sehingga tombol tersebut berubah menjadi STOP. Yang perlu diklik START adalah Apache dan MySQL nya saja :)

Demikian cara menginstall xampp dilokal komputer, semoga bermanfaat ya